Breaking News
Home / Monografi Desa

Monografi Desa

 

DATA MONOGRAFI DESA SUKA MAKMUR

TAHUN 2012

Kecamatan                     : Gunung Sahilan

Nomor Kode Wilayah    : 004

Kabupaten                      : Kampar

Propinsi                          : Riau

Sejarah Singkat  Desa Suka Makmur

Desa Suka Makmur awalnya adalah daerah tranmigrasi dari daerah jawa pada bulan Juni 1982, pada saat itu wilayah tersebut masuk dalam pemerintahan Desa Gunung Sahilan. Pada tahun 1987 terjadi pemekaran untuk menjadi Desa Suka Makmur, Pejabat Sementara (PJS) pada saat itu adalah Bapak Tukiyono, dan pada tahun yang sama ada pergantian PJS nya melalui pemilihan (voting) yang terpilih Bapak Marno Paino. pada tahun 1992 Desa Suka Makmur mendapat sertifikat dan resmilah berdiri dengan nama Desa Suka Makmur .

Desa Suka Makmur adalah salah satu desa di kecamatan gunung sahilan yang mempunya luas +_ 1992,5 Ha. dilihat dari topografi dan kontur tanah , desa suka makmur kecamatan gunung sahilan secara umm berupa dataran rendah dengan ketinggian antara 75M s/d 80M diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 280 s/d 320 Celcius. desa suka makmur terdiri dari empat (4) dusun, delapan (8) rw, dan dua puluh dua (22) rt. orbisitas dan waktu tempuh dari ibukota kecamatan +_ 20 KM2 dengan waktu tempuh +_ 20 menit dan dari ibukota kabupaten +_ 85KM2 dengan waktu tempuh 90 menit.

Batas –batas administrasi Desa Suka Makmur Kecamatan Gunung Sahilan sebagai berikut:

1). Sebelah Utara                    : Desa Makmur Sejahtera

2). Sebelah Timur                    : Desa Gunung Sahilan

3). Sebelah Selatan                  : Desa Gunung Sari

4). Sebelah Barat               : Desa Tanjung Pauh

jumlah penduduk desa suka makmur pada tahun 2012 sebanyak 2438 jiwa terdiri dari 1233 laki-laki dan 1205 perempuan dengan jumlah kepala keluarga 638 KK. sedangkan jumlah keluarga miskin 178 KK dengan porsentase 25% dari jumlah kepala keluarga yang ada didesa suka makmur.

 

Infrastruktur Desa Suka Makmur

Infrastruktur yang ada di Desa Suka Makmur sangat tidak memadai disemua bidang.Terutama jalan lintas yang menjadi akses angkutan hasil tani masyarakat, jembatan masih mengunakan kayu, jalan tanah yang diperbaikan dan perawatan dilakukan oleh swadaya masyarakat itu sendiri.

Begitu juga jalan lingkungan yang selalu becek karena keluar masuknya mobil angkutan hasil tani yang membuat lingkungan jadi tidak sehat.

Perekonomian Desa Suka Makmur

Sumber ekonomi sebagian besar masyarakat adalah hasil dari pertanian dan perkebunan , buruh tani, buruh kebun, buruh harian lepas perusahaan/PT, pedagang, PNS, dan lain-lain. Pada tahun 1996 Desa Suka Makmur mendirikan Koperasi Unit Desa (KUD) Setia Tani dengan unit usaha  mengembangkan kebun kelapa sawit denga luas wilayah 1024 Ha dengan pola KKPA dengan per KK mendapat 2 Ha. Tetapi sampai dengan saat sekarang dengan kesulitan ekonomi dan kebutuhan hidup yang bertambah maka banyakyang sudah dijual kepada orang lain, yang tinggal hanya +_ 1/3 dari jumlah KK yang ada di Desa Suka Makmur.

Pendidikan Desa Suka Makmur

Di desa suka makmur terdapatbeberapa  sarana pendidikan seperti SDN 026, TKDharmaWanita, MDA Al- Hidayah, tetapi setiap sarana pendidikan tersebut masih sangat kurang memadai, misalnya di SDN 026 terdapat 7 ruang belajar padahal terdapat 12 kelompok belajar, untuk TKDharma Wanita terdapat 3 ruang belajar dan memiliki 4 rombongan belajar, padahal TKDharma Wanita adalah TK tertua di kecamatan Gunung Sahilan berdiri sejak 1993 sampai saat ini masih berstatus swasta,  MDA Al Hidayah mempunyai 4 ruang belajar dan memiliki 6 rombongan belajar, disetiap sarana pendidikan antara ruangan dan kelompok belajar tidak sesuai  sehingga dengan terpaksa di buat 2 shift masuk yaitu pagi dan sore, lebih dari 75% bangunan itupun swadaya masyarakat.

Sarana Kesehatan Desa Suka Makmur

Untuk sarana dibidang kesehatan diDesa Suka Makmur belum mendukung dikarenakan belum ada dokter yang buka praktek Didesa Suka Makmur sehingga apabila ada masyarakat yang sakit harus jauh kekota untuk berobat, sedangkan bidan terdapat 2 orang praktek tetapi semua bidan tersebut masih tinggal di rumah kontrakan, belum ada rumah dinas untuk bidan, sedangkan pihak desa sudah mengajukan proposal permohonan PUSTU dan rumah dinas bidan tapi saat ini belum ada tanggapan.

Sarana Keagaaman Didesa Suka Makmur

Kegiatan keagamaan Didesa Suka Makmur saat ini mulai meningkat dengan adanya pengajian rutin mingguan bapak-bapak ataupun ibu-ibu, dan adanya group REBANA dari ibu-ibu PKK ataupun dari rombongan pengajian, tetapi untuk tempat ibadah masih dibangun apa adanya sesuai dengan kemampuan swadaya masyarakat.

Kultur Dan Budaya

Kurang lebih 85% penduduk Desa Suka Makmur bersuku jawa, dikarenakan Suka Makmur adalah desa yang terbentuk dari program transmigrasi pada tahun 1982 dari jawa, selebihnya suku batak, minang, melayu dan lainnya.

Pendapatan Asli Desa (PAD)

Pendapatan Asli Desa Suka Makmur untuk tahun 2015 sebesar 24. 645.000 Rupiah itu semua terkumpul dari administrasi surat menyurat dan Pi dari KUD, karena di Desa Suka Makmur tidak ada sumber PAD yang dapat digali.

Sarana Air Bersih

Sarana air bersih di Desa Suka Makmur sangat minim, apabila musim kemarau tiba.Sekedar untuk keperluan minum dan pengolahan bahan makan harus membeli atau meminta kepada tetangga yang memiliki sember air bersih yang cukup, itupun di tempat-tempat tertentu.Sedangkan untuk keperluan mandi dan mencuci mereka harus pergi kesungai atau parit-parit kebun yang airnya pun belum tentu jernih.

Sarana Olahraga

Sarana olahraga di desa suka makmur terdapat tiga lapangan sepak bola,empat lapangan bola poli,dua lapangan badminton.namun untuk prestasi belu memadai,kerena tidak tersedia nya tenaga pelatihatau pun pembimbing.